Senin, 09 Juni 2014

Pentingnya Belajar Bahasa Arab

Sebagai muslim tentu tidak ada yang meragukan pentingnya belajar Bahasa Arab, meskipun agama kita ini tidak mewajibkan untuk belajar Bahsa Arab. Islam menganjurkan kepada kita untuk mempelajari ilmu secara umum, termasuk di dalamnya Bahasa Arab, akan tetapi ada beberapa hadits yang  menegaskan pentignya belajar Bahasa Arab.




 أحبوا العرب لثلاث: لأني عربي، والقرآن عربي، وكلام أهل الجنة عربي

Artinya : cintailah bahasa Arab itu karena tiga alasan, karena Aku (Rasulullah saw) adalah Arab, dan karena al-qur’an berbahasa Arab, dan karena bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab.


(قال عمر بن الخطاب رضي الله عنه : (تعلموا العربية فإنها من دينكم

Artinya : Umar bin Khattab RA berkata : belajarlah bahasa Arab, karena ia bagian dari agamamu.

Bayangkan apa yang akan terjadi di bumi ini, jika umat muslim mampu memahami Bahasa Arab tentu saja umat islam akan mendapatkan kejayaannya kembali seperti dulu lagi. 

Manfaat memperlajari Bahasa Arab
1.Memudahkan kita dalam memahami , mempelajari, dan mentadabburi, makna makna yang terkandung di dalamanya.
2.Memudahakan kita dalam memahami hadits hadits atau sunnah-sunnah nabi Muhammad  karena beliau merupakan rasul yang diutus oleh Allah ke tanah Arab dan setiap perkataan, perbuan maaupun diamnya Nabi Muhammad adalah akhlak al Qur'an.
3.Mengerti dan mengetahui perkataan para ulama yang dahulu maupun yang akan datang, baik secara lisan maupun tulisan, karena banyak karangan karangan para ulama yang dibukukan dalam kitab kitab mereka, apalgi dalam kitab  tersebut  tulisan yang tidak ada harokatnya. Maka ini menjadi kemampuan kita untuk mengolah dasar dasar kaidah bahasa Arab.  
4. Dapat menjalankan dan mengamalkan ibadah secara maksimal karena telah mengetahui ilmunya.


Alangkah indahnya  bila semua umat muslim dapat merasakan keajaiban dalam memahami bahasa Agamanya sendiri.Minimal dia akan mengerti apa yang di dialogkan dengan sang pencipta ketika shalat.

Wallahu alam bisowab. 
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar